Setelah membuat Profil GMT kemudian saya mengerjakan tugas membuat Poster Cerita Saya dengan Akun Belajar.id dimana karena banyaknya manfaat dari akun ini saya memilih pengalaman yang paling berkesan menurut kegiatan yang telah saya lakukan yaitu mengelola pembelajaran daring (kelas daring/ kelas maya) berbasis management sekolah untuk 21 kelas di sekolah kami untuk memfasilitasi 45 guru dan 630 siswa.

Pada mulanya sekolah kami di SMP N 1 Wonosari ( www.smpn1wonosari.sch.id) di awal pembelajaran daring kita menggunakan 3 email untuk pengelolaan kelas, email 1 untuk kelas 7, email ke 2 untuk kelas 8 dan email ke 3 untuk kelas 9. Namun pada saat tengah semester kami kehabisa space untuk kelas 9, dan 1 bulan berikutnya untuk kelas 8 sehingga akhirnya kami membuat akun email lagi untuk bisa memfasilitasi seluruh siswa dan guru untuk masing-masing kelas.

Setelah akun belajar.id diberikan ke sekolah kami, saya sebagai salah satu tim ICT yang mengkoordinasikan pengelolaan kelas berbasis management sekolah bisa tenang karena akun belajar.id spacenya unlimited sehingga hanya dengan 1 akun saja bisa mengelola 21 kelas dan digunakan oleh 45 guru dan 630  siswa.

Dalam pembuatan poster cerita ini saya tuangkan dalam google slide yang sudah disiapkan oleh trainer dengan ketentuan sebagai berikut.

Panduan Pengisian Poster Cerita Saya dengan Akun Belajar.id

Semua slides sudah memiliki template baku yaitu: 

  • Logo: Logo aplikasi dapat DISALIN bukan dicut dari slide 2. Anda dapat menggunakan logo aplikasi lain di luar slide 2.
  • Judul: tuliskan judul dengan singkat dengan menyebutkan penerapan, aplikasi dan dampak. Contoh: Ulangan dengan Aman di Google Forms
  • Foto Cerita: Pilih 1 foto yang jelas, unik, spesifik menggambarkan dampak dari  akun belajar.id  untuk meningkat produktivitas di skeolah Anda.. 
  • Kisah Sukses: ikuti format cerita sukses dengan menyebutkan nama aplikasi, aktivitas yang dilakukan dan dampak yang dirasakan menggunakan .
  • Foto & Biodata: Anda dapat menghapus background foto Anda di: remove.bg dan memasukkan foto serta menuliskan nama, jabatan, sekolah, dan provinsi.

Mohon mengikuti format template tanpa mengganti warna/font/tema. Mohon tidak mengganti slide orang lain.

Contah Cerita Sukses

 

Kategori Contoh Judul Cerita Tantangan & Dampak Akun belajar.id
Persiapan Mengajar Mudah Belajar di Mana Saja dengan Google Drive Awalnya, sulit sekali mengumpulkan administrasi guru yang ada di perangkat yang berbeda. Dengan Shared Drive, guru dapat dengan mudah mengumpulkan karya siswa dari di mana saja dengan  kapasitas penyimpanan tanpa batas.
Persiapan Mengajar Penjadwalan Kelas di Google Calendar Banyak guru yang sering lupa dengan jadwal mengajar. Lewat  Google Calendar,  guru dapat dengan mudah mencari jadwal pertemuan dan masuk ke link video call.
Mengajar Interaktif Diskusi tanpa nomor HP dengan Google Chat Tidak semua siswa punya no.Hp dan sulit berkomunikasi dengan guru. Dengan  Google Chat di , kami membuat grup chat guru dan siswa tanpa nomor HP 
Mengajar Interaktif Aman melakukan Video Call dengan Google Meet Rapat seringkali terbatas dalam 40 menit, dengan Google Meet, guru dapat dengan mudah, cepat, dan aman melakukan video calll di perangkat mana saja tanpa batas.
Penilaian Efektif Kolaborasi tugas di Google Slides Membuat website seringkali membutuhkan coding yang ribet, Google Sites memudahkan guru membuat website hasil karya siswa agar siswa dapat berkolaborasi menampilkan hasil karya mereka.
Penilaian Efektif Meningkatkan Hasil Belajar dengan Google Classroom Mendistribusikan tugas dan nilai tidak semuda yang dibayangkan.  

Dengan Google Classroom, guru dapat dengan mudah mendistribusikan tugas dan materi kepada siswa sehingga hasil belajar dari rumah siswa meningkat