20 Juni 2013, SMP Negeri 1 Wonosari menerima kunjungan dan studi banding dari SMPN 1 Karangkobar, Banjarnegara. Rombongan dari SMPN 1 Karangkobar tiba di SMPN 1 Wonosari jam 10.30 disambut oleh seluruh guru dan sebagian siswa SMPN 1 Wonosari. Selanjutnya rombongan di bawa ke Ruang Laboratorium Biologi untuk tukar pikiran dan dialog berkaitan dengan program manajemen dan prestasi SMPN 1 Wonosari. Adapun kegiatan tersebut terangkum dalam laporan berikut:

Acara : pembukaan dibawakan oleh pembawa acara yaitu ibu Sri Rahayu S.Pd, kemudian diselingi vocal group siswa kelas VIII, dilanjutkan dengan tampilan musik tradisional SMPN 1 Wonosari. Kemudian dilanjutkan sambutan selamat datang dari Bapak Kepala Sekolah SMPN 1 Wonosari Bapak Bambang Pracaya, S.Pd, M.M, Kemudian sambutan selamat datang dari Komite Sekolah Bapak Ir. Edi Praptomo, M.Si. kemudian diselingi vocal group senior kelas 9. Setelah acara tersebut kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Sekolah SMPN 1 Karangkobar yang menyampaikan maksud dan tujuan untuk melakukan kunjungan ke SMPN 1 Wonosari. Setelah itu Presentasi dari Bapak Kepala SMPN 1 Wonosari tentang profil SMPN 1 Wonosari, kegiatan serta prestasi sekolah dan manajemen sekolah, prestasi siswa, kemudian dilanjutkan dialog berupa tanya jawab dari SMPN 1 Karangkobar ke SMPN 1 Wonosari.

Setelah acara dialog ditampilkan seni tari dan diakhiri dengan pertukaran cendramata dan Foto bersama. Semoga acara dan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan tali silaturohmi sesama.