«

»

Dec 24

Tips dan Trik Persiapan Membuat Media Pembelajaran berbasis Lectora

Lectora inspire adalah salah satu software authoring tools yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Dalam Lectora Inspire terdapat bebera program pendukung antara lain flypaper, snagit, dan camtasia yang sangat berguna untuk mendukung komplesitas dan flexibilitas media yang kita buat. Untuk memudahkan membuat media pembelajaran berbasis lectora hal-hal yang perlu di siapkan adalah:
1. Rancangan pembelajaran yang akan di Ujudkan dalam bentuk media
2. Membuat GBIPM yaitu garis besar isi program media yang mirip dengan silabus dalam proses pembelajaran
3. Membuat story board
4. Membuat jabaran materi
5. Membuat bank data yang terdiri dari gambar, artikel/ tulisan, animasi, video dan lain sebagainya yang akan digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran.
6. Menyiapkan soal dan jawabannya untuk memudahkan dalam membuat evaluasi pembelajaran.

Setelah semua persiapan selesai kemudian tinggal membuat media pembelajaran menggunakan lectora inspire.

ada 3 pilihan untuk  membuat media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire yaitu menggunakan fasilitas wizard, fasilitas template dan desain. Fasilitas wizard ditujukan untuk pengguna lectora inspire pemula, kemudia untuk template diperuntukkan bagi pengembang yang sudah agak mahir sedangkan untuk desain ditunjukkan bagi pengembang yang sudah pandai/ mahir menggunakan software lectora.

 

 

1 comment

  1. kangmartho

    Jadi penasaran ingin mencobanya…link download softwarenya mana Pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>