Home » News » You are reading »

Pelatihan Pembatik Level 3 DIY

Pustekkom Kemdikbud melaksanakan kegiatan pelatihan pembatik level 3 untuk propinsi DIY bertempat di Hotel Sharilla Jogjakarta dari tanggal 19-21 Juli 2018. Kegiatan ini sebagai proses seleksi pemilihan Duta Rumah Belajar untuk mewakili DIY pada tahun 2018. Kegiatan di awali dengan pembukaan oleh Ibu Isti Kepala BTKP Propinsi DIY. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pustekkom Kemdikbud yang telah melaksanakan kegiatan Pembatik Level 3 sebagai rangkaian dalam kegiatan pemilihan Duta Rumah Belajar. Selain itu beliau menyampaikan pentingnya guru terus belajar sesuai dengan perkembangan yang begitu dasyat pada dasawarsa terakhir yang menuntut guru untuk bisa mengoperasionalkan, mengembangkan dan melakukan evaluasi terkait dengan pemanfaatan berbagai fitur Rumah Belajar untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Pada kegiatan pembatik level 3 ini diikuti oleh 30 orang guru dari tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK. SMP Negeri 1 Wonosari juga diwakili oleh Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd guru IPA dan Penjab Lab. Komputer. Untuk mengikuti kegiatan Pembatik level 3 ini terlebih dahulu dilakukan seleksi pembatik level 1 secara daring, kemudian dilanjutkan dengan pembatik level 2 yang juga menggunakan sistem daring. Sedangkan pada kegiatan Pembatik level 3 dilakukan dengan model tatap muka secara langsung dengan mentor/ narasumber.

Adapun materi utama dalam membatik level 3 ini meliputi Berbagai fitur dalam Rumah Belajar, Pembuatan Naskah Media Pembelajaran, Teknik editing pengolahan Video menggunakan Kine Master, Pemanfaatan Kelas Maya, Teknik Pengelolaan Kelas Maya, Pembuatan video tutorial, Presentasi produk. Adapun Narasumber pada kegiatan ini adalah Intruktur dari Pustekkom Pak Gatot (Kabid MM Pustekkom), Mas Puji Raharjo, Mbak Muti, Mbak Erna, dan duta rumah belajar dari Jogja Ibu Sinta.

Dalam kegiatan ini seluruh peserta kompak dan bersama-sama dalam satu team melaksanakan kegiatan dengan serius dan antusias serta saling kolaborasi satu sama lain sehingga tercipta keakraban yang kondusif. Semoga hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi seluruh peserta dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bermakna bagi siswa di sekolah masing-masing maupun untuk yang lainnya dan mampu mengimbaskan pada teman guru maupun siswa untuk dapat memanfaatkan fitur Rumah Belajar maupun memanfaatkan Kelas Maya untuk proses pembelajaran, pengayaan maupun program remedial. (Sigit Suryono)

#DutaRumahBelajar2018, #PembatikLevel3DIY,#RumahBelajar

You might also like to read:

News

Workshop Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar di SMP Persatuan Ponjong Gunungkidul

News

Sosialisasi  Rumah Belajar di SMPN 1 Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DIY

News

Belajar Kine Master dengan Mas Puji Raharjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *