Jum’at, 3 Agustus 2018 merupakan salah satu hari yang sangat spesial saat diminta sebagai nara sumber dengan tema Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Media TIK di SMP Persatuan Ponjong, Gunungkidul DIY. Worshop dibuka oleh Bapak Drs. Sumarno, M.Pd selaku Kasi GTK SMP Dikpora Kabupaten Gunungkidul. Dan beliau memaparkan tentang PP No 15 tahun 2018 tentang beban kerja guru. Selanjutnya untuk materi utama dengan tema yaitu 1. Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran oleh Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, dan materi 2 Tentang Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar untuk inovasi pembelajaran.

Workshop ini diikuti oleh 16 orang guru SMP Persatuan Ponjong. Sekolah ini merupakan sekolah tipe kecil namun memiliki jaringan internet, laboratorium komputer yang cukup memadai dari sisi jumlah dan kualitasnya jika dikelola untuk pembelajaran. Karena hal terebutlah maka workshop yang di laksanakan ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan laboratorium komputer sebagai suatu sarana inovasi oleh guru dalam pembelajaran.

Materi untuk workshopnya sendiri materi yang diperdalam adalah sosialisasi portal rumah belajar dengan alamat www.belajar.kemdikbud.go.id, dilanjutkan masuk dalam fitur-fitur utama rumah belajar, dan terlebih pada fasilitas fitur sumber belajar. Dalam workshop di fitur sumber belajar sisampaikan dan disimulasikan cara pemanfaatnya dalam pembelajaran secara klasikal, kemudian setiap siswa diberikan LK yang ada sangkut pautnya dengan tanyangan media yang ada di modul, dan selanjutnya siswa mengerjakan LK serta untuk evaluasi dan latihan langsung menggunakan soal yang ada di dalam modul sumber belajar.

Selanjutnya saat kondisi internet mati maka di buat simulasi dengan menggunakan media ofline yang sudah didownload. Maka agar guru bisa mendownload media/ modul yang ada di fitur sumber belajar harus login dulu, hal inilah yang mewajibkan setiap guru yang akan mendownload di rumah belajar horus mendaftar kemudian login, dan baru bisa mendownload media/ modul yang ada di inginkan.

Setelah peserta workshop mendownload disimulasikan cara mengestrak file hasil download dan cara menggunakan media tersebut secara online. Dari hasil workhsop tersebut harapan dari Bpk Drs Suwardi, M.Pd selaku KS SMP Persatuan Ponjong, mengharapkan pada semua guru yang mengikuti workshop untuk melaksanakan proses pembelajaran berbasis ICT dengan memanfaatkan koten yang ada dalam rumah belajar, dan kelak bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dapat bermanfaat bagi guru, siswa, maupun kita semua.