Jum’at, 3 Agustus 2018 merupakan salah satu hari yang sangat istimewa saat membahas sumber nara dengan tema Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Media TIK di SMP Persatuan Ponjong, Gunungkidul DIY. Worshop dibuka oleh Bapak Drs. Sumarno, M.Pd selaku Kasi GTK SMP Dikpora Kabupaten Gunungkidul. Dan beliau memaparkan tentang PP No 15 tahun 2018 tentang beban kerja guru. Selanjutnya untuk bahan utama dengan tema yaitu 1. Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran oleh Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, dan materi 2 Tentang Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar untuk mencari pembelajaran.

Workshop ini diikuti oleh 16 orang guru SMP Persatuan Ponjong. Sekolah ini merupakan sekolah kecil yang memiliki jaringan internet, laboratorium komputer yang memadai dari jumlah dan kualitasnya jika dikelola untuk pembelajaran. Karena hal terebutlah maka bengkel yang di laksanakan ini untuk mendukung laboratorium komputer sebagai sarana bagi guru dalam pembelajaran.

Materi untuk workshopnya sendiri materi yang diperdalam adalah sosialisasi portal rumah belajar dengan alamat www.belajar.kemdikbud.go.id, memulai masuk dalam fitur-fitur utama rumah belajar, dan memulai pada fitur fitur sumber belajar. Dalam bengkel di fitur sumber belajar sisihkan dan diskusi cara pemanfaatnya dalam pembelajaran klasikal, kemudian setiap siswa diberikan LK yang ada sangkut pautnya dengan tanyangan media yang ada di modul, dan selanjutnya siswa bantu LK bantu untuk evaluasi dan latihan langsung gunakan pertanyaan yang ada di dalam modul sumber belajar.

Selanjutnya saat kondisi internet mati maka di buat simulasi dengan menggunakan media ofline yang sudah didownload. Maka agar guru bisa mendownload media/ modul yang ada di fitur sumber belajar harus login dulu, hal inilah yang mewajibkan setiap guru yang akan mendownload di rumah belajar horus mendaftar kemudian login, dan baru bisa mendownload media/ modul yang ada di inginkan.

Setelah peserta lokakarya, silakan unduh cara mengestrak file hasil unduhan dan cara menggunakan media tersebut secara online. Dari hasil workhsop harapan dari Bpk Drs Suwardi, M.Pd selaku KS SMP Persatuan Ponjong, berharap pada semua guru yang membutuhkan lokakarya untuk mempelajari proses pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan koten yang ada di rumah belajar, dan kelak bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Dapat bermanfaat bagi guru, siswa, atau kita semua.