Pagi ini cerah sekali, suasana di Gumilang Regency Hotel nyaman untuk mengikuti bimtek hari yang ┬áke – 3. Dimulai dengan berdoa bersama di pimpin oleh Fasilitator Bapak Dani Suhadi, kemudian dilanjukan ice breaking senam sehat oleh bagi Robi Suwarga untuk mempersiapkan fisik dan mental seluruh peserta bimtek aplikasi pembelajaran online oleh P4TK IPA bandung.

Selanjutnya materi pertama hari ini adalah pentingnya sebuah deskripsi singkat yang disampaikan oleh bapak Dani Suhadi, dengan diawali peserta memperhatikan, menyimak tampilan head line tv one yang merupakan salah satu deskripsi singkat untuk menarik penonton. Biasanya di dalam berita tv deskripsi singkat dia baca, dan setelah itu untuk melihat berita lebih lanjut di uraikan oleh pembaca berita lain.

Yang penting dipelajari disini adalah bagaimana kita bisa membuat sebuah deskripsi singkat yang dapat dimengerti untuk dipahami oleh orang lain pembaca blog. maka perlu trik untuk menyampaikan informasi kepada audience agar bisa tertarik untuk membaca tulisan kita.

Deskripsi itu merupakan suatu gambaran suatu informasi yang menggambarkan inti-inti sebuah pesan. Dalam membuat Deskripsi Singkat sebuah MGMP maka isi dalam blog profile MGMP ada 6 yaitu: 1. Judul ( berisi identitas nama MGMP dan Identitas Kabupaten/Kota), 2. Deskripsi Singkat MGMP (1 atau 2 Paragraf tentang MGMP, singkat, padat, dan menarik, 3. Visi dan misi organisasi, 4. Pengurus/ Struktur Organisasi, 5. Keanggotaan MGMP (dinarasikan atau insert file goodrive), dan 6. Legalitas organisasi/ SK dari Dinas (insert file google drive).

Serta dalam menyertakan gambar dengan mencari sudut engel yang baik yang bisa menggambarkan berita yang akan disampaikan. Didalam blog paragrap pertama merupakan head line dari sebuah berita blog maka dibuat semenarik mungkin sehingga saat pembaca dapat tertarik untuk melanjutkan membaca.

Deskripsi sendiri berasal dari bahasa latin desribere yang berarti menggambarkan atau memeriksa suatu hal.