Liburan tidak menjadi penghalang dari ketertarikan guru IPA SMP di Gunungkidul tentang AKSI For School (Assessmen Kompetensi Siswa Indonesia) yang diluncurkan oleh Puspendik. Itu mungkin kalimat yang cocok untuk menggambarkan tingginya minat dan keingintahuan guru pada program ini. AKSI for School merupakan program assessment yang diluncurkan oleh puspendik yang diperuntukkan untuk semua sekolah, yang disebarkan melalui MGMP. Program ini merupakan transformasi dari INAP(Indonesia Nasional Assessment Programme) yang digawangi oleh puspendik di dalam bentuk pengukuran sampel.

MGMP IPA SMP Gunungkidul pada bulan Agustus 2018 diundang oleh puspendik bersama dengan MGMP Mapel Bahasa Indoensia dan Matematika, mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari Puspendik di DIklat AKSI For School Regional Jogja Jawa Tengah. Pelaksanaan dilangsungkan di Hotel di wilayah Semarang. Disana, semua MGMP terundang mendapatkan pelatihan implementasi program dan diwajibkan membuat RTL yang berisikan tentang rencana diseminasi di tingkat MGMP Kabupaten.

Kegiatan Diseminasi AKSI For School di MGMP IPA SMP Gunungkidul terlaksana berkat kerjasama dan dukungan penuh Dinas Pendidikan Gunungkidul. Diklat yang dilaksanakan tgl 18 Desember 2018 tersebut merupakan awal dari serangkaian diklat pemanfaatan AKSI. Antusiasme guru sudah terlihat sejak perekrutan peserta diklat yang hanya dibatasi untuk 25 orang. Walaupun dalam masa liburan, mereka sangat tertarik dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Materi disampaikan oleh Imam Wicaksono ini berkaitan dengan system penilaian dalam pendidikan indoensia, Selayang tentang program AKSI, serta manajemen admin dari AKSI. Manajemen administrator AKSI berupa kegiatan penginputan data siswa, penambahan kegiatan tes dengan data base soal AKSI, manajemen persiapan pelaksanaan tes, hingga penilaian, serta ujicoba tes AKSI sebagai siswa. Bapak Sigit Suryono, selaku Ketua MGMP IPA Gunungkidul, menyatakan bahwa rencananya di tahun depan akan ditindaklanjuti dengan diklat lanjutan aksi dengan materi implementasi AKSI dalam Jaringan Lokal. Ditambahkan pula, melihat kualitas soal di AKSI, diharapkan program ini diimplementasikan disekolah kepada siswa mulai dari semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Sukses AKSI For School Gunungkidul …..! Sukses Indonesia