Pelantikan Letda dr Achmad Rizal Junianto Prabowo Lulusan Perwira Karir Khusus Tenaga Kesehatan dari TNI AU oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin Prasetya Perwira dan Pelantikan Perwira PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan Tahun 2019 di lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Jumat (15/11/2019). Dia juga menerima selamat perwira remaja yang menyelesaikan pendidikan pertama perwira memenangkan karir TNI Khusus Tenaga Kesehatan.

Dia mengatakan, pendidikan pertama di Lembah Tidar merupakan kawah chandradimuka yang disediakan perwira TNI profesional yang ditempa melalui pendidikan selanjutnya serta berbagai penugasan.

“Saya katakan sebagai tugas yang menantang karena perkembangan dunia strategis, kawasan Asia Tenggara, juga dalam negeri sangat dinamis. Spektrum ancaman yang diselesaikan TNI semakin kompleks dengan sifatnya yang eskalatif, campuran dan tempo yang cepat, namun durasinya dapat berlangsung lama, ”ujar Hadi di Magelang, Jumat (15/11/2019).

Dia ingat, agar para perwira kesehatan selalu mendapatkan perkembangan ilmu dan teknologi juga meningkatkan wawasan dan kemampuan. Mereka juga menantangkan selalu mencermati perkembangan lingkungan dan tantangannya juga tetap membina unit dan anggota terus dekat dan terus menerus.

“Memajukan kepemimpinan lapangan yang dialogis, interaktif dan komunikatif dengan senantiasa hadir di tengah-tengah prajurit, guna memperkuat soliditas satuan dan meningkatkan profesionalitasnya,” ucapnya.

Menurutnya, perwira dituntut bisa berfungsi sama dengan seluruh komponen negara perlu bantuan sinergi dan kerjasama yang baik.

“Para perwira juga dituntut untuk dapat menggunakan cepatnya perkembangan teknologi yang positif dan tidak dapat digunakan dengan cepat. Untuk itu, kode etik perwira, Budhi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, serta Delapan Wajib TNI harus menjadi karakter yang mengikat dalam setiap pelaksanaan tugas, “katanya.

Pada kesempatan itu, Hadi Tjahjanto juga melantik dan mengambil sumpah 185 Perwira Prajurit Karier (Pa PK) 1859 TNI Khusus Tenaga Kesehatan TA 2019. Perwira Prajurit Karier TNI mengumpulkan Perwira yang bersumber dari Sarjana dan Diploma yang direkrut untuk menjadi prajurit TNI di bidang kesehatan.

Sebanyak 185 Perwira TNI yang diambil sumpahnya terdiri dari TNI AD 102 orang terdiri dari 73 pria dan 29 wanita, TNI AL 50 orang terdiri dari 34 pria dan 16 wanita serta TNI AU 33 orang terdiri dari 27 pria dan 6 wanita. Dalam Kesempatan ini Letda dr. Achmad Rizal Junianto Prabowo terpilih sebagai Lulusan Terbaik Perwira Karis Khusus Tenaga Kesehatan dari TNI AU.

Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/panglima-tni-lantik-185-perwira-prajurit-karier-khusus-kesehatan