«

»

Jan 20

MEMBUAT DAN MENGELOLA TEXT


Dalam membuat movie atau animasi, teks merupakan bagian komponen animasi yang sangat penting. Teks biasanya digunakan untuk membuat judul, komponen animasi, keterangan-keterangan movie interaktif, isi, alamat, profile dan lain sebagainya.

Penggunaan objek teks dalam pembuatan movie dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan membuat blok-blok teks statis yang mempunyai isi dan tampilan yang ditentukan saat membuat movie maupun teks dinamis yang dapat dimasukkan melalui form isian saat movie dijalankan.

Pengenalan Panel Properties untuk Text

Dalam panel Properties Text dapat digunakan untuk mengatur teks, seperti pembuatan paragraph, jenis huruf, besar huruf, pengaturan sepasi, pengaturan tata letak, type teks, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah gambar Panel Properties Text:

Properties text

Membuat Teks Statif

Objek teks dapat dibuat secara horisontal maupuan secara vertikal, yang dapat dibagi menjadi tiga golongan yaitu: static text, dynamic text dan input text.  Untuk membuat suatu teks langkah yang kita lakukan adalah:

1. Klik icon  Text Tool yang terdapat pada panel Tools.
2. Geser kursor pada stage, kemudian klik sekali dan lakukan pengetikan.

Menulis teks dengan type Statis Text.

3. Untuk mengedit teks dapat menggunakan fasilitas properties text

Membuat Paragraf

Selain itu untuk membuat pada program flash dapat juga dibuat teks dalam bentuk paragraf dengan langkah sebagai berikut:

1. Klik icon  Text Tool yang terdapat pada panel Tools.
2. Geser kursor pada stage, klik kursor pada stage dan drag dari kiri ke kanan, untuk menyiapkan tempat pengetikan seperti gambar berikut:

Menyiapkan tempat pengetikan untuk membuat teks berupa paragraf

 

Teks Dalam Bentuk Paragraf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>