«

»

Jul 11

GeSchool.Net

geschool.net adalah website jejaring sosial yang berbasis pendidikan. Sebagaimana jejaring sosial lainnya, geschool.net bertujuan untuk pertemanan dengan berbagai fiturnya dan geschool.net menggabungkan kemampuan jejaring sosial Facebook dan Twitter sehingga sangat layak untuk menjadi media sosial baik pelajar maupun masyarakat secara luas. Namun basis utama dari geschool.net adalah tersedianya pembelajaran online yang lengkap yang dirancang sedemikian rupa untuk dapat belajar kapan saja dimana saja seiring aktivitas sosial seseorang. Dan karena berbasis pendidikan ini geschool.net secara khusus membangun komunitas sekolah – sekolah baik secara akademis maupun sosial.

Meski memiliki landasan konsep berbasis pendidikan, geschool.net tetaplah sebuah jejaring sosial yang bersifat terbuka dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan fitur – fitur sosialnya yang unggul dan unik. Dengan tagline “karena hidup sesungguhnya adalah belajar”, (jika kita tidak lagi siswa, mungkin kita guru yang mengajarkan, mungkin sekarang menjadi orang tua yang mendidik anaknya, atau setidaknya kita pasti alumni yang harus tetap menuntut ilmu, dan semua fitur – fitur tersebutpun dibangun dalam kerangka tetap berinteraksi satu sama lain) geschool.net bertekad menjadi ‘one stop social networking for our life’.
Ingin Bergabung ?ikuti langkah2 dibawah ini :
Klik http://geschool.net di Browser Anda
[Gambar: Langkah_GS.png]
[Gambar: TampilanDepan_GS.png]
Setelah itu kita cari sekolah kita disini dan klik tombol search disampingnya
[Gambar: LangkahPertama_GS.png]
Lalu jika sudah, klik tombol Join dikanan sekolah anda
[Gambar: LangkahKedua_GS.png]
Lalu mulailah mengisi form untuk Registrasi
[Gambar: LangkahKetiga_GS-1.png]
Jangan lupa untuk mengisi Kode Verifikasi, setelah itu klik Submit
[Gambar: LangkahKeempat_GS.png]
Jika sudah, Log In dengan e-mail dan password yg digunakan di registrasi tadi
[Gambar: LangkahKelima_GS.png]
Selamat, anda telah memiliki akun di geschool 
sekarang ayo kita lihat bagian2 dari geschool
Sekilas homesheet dan what’s up
Setelah login akan langsung menuju halaman homesheet, halaman aktivitas pribadi. Sedangkan what’s up adalah halaman timeline semua aktivitas teman – teman pemilik account. Homesheet dan whats’up ini adalah 2 halaman utama, mari kita tinjau satu persatu isi halaman – halaman tersebut
Header
[Gambar: header-300x63.png]
Ini adalah header yang berisi splasscreen ‘breaking info/update’ geschool beserta fitur – fiturnya. Disini juga ditempatkan icon notifikasi dan setting. Notifikasi ada 4, dari kanan yaitu notifikasi pesan, notifikasi wall, notifikasi friend request dan notifikasi school activity. Untuk notifikasi school activity adalah notifikasi apabila ada user yang baru saja bergabung dengan sekolah yang pemilik account juga bergabung di sekolah tersebut. Sedangkan setting ada pada icon ‘my account’ adalah untuk pengaturan identifikasi personal seperti identitias diri, ganti password dan sebagainya serta pengaturan berbagai fitur – fitur di geschool. Untuk log out juga ditempatkan tombolnya disini, clik ‘my account’, tombol bagian paling bawah.
Head account
[Gambar: account.png]
Head account ada di bagian kiri atas. Terdiri dari avatar user, nama, badge dan experience barnya serta sekolah – sekolah yang pernah ditempuh user. Sekolah yang telah ditulis tebal, berarti user telah di approve disekolah tersebut (sesuai rolenya) sedangkan yang masih *not berarti user baru mengaku sebagai member sekolah tersebut dan belum terkonfimasi. Konfirmasi didapat setelah mendapatkan konfirmasi dari sekolah. Meskipun belum terkonfimasi, user tetap dapat mengakses secara penuh semua fitur di geschool.net. Lebih detail tentang sekolah klik disini. Badge (dalam hal ini playgroup) adalah posisi level user dan experience bar adalah bar score experience user di badge tersebut. Arahkan mouse ke badge akan terlihat detail score experience user saat itu. Untuk lebih detail tentang badge and experience klik disini.
Tombol utama
[Gambar: tombol-utama.png]
Terletak di bagian kanan atas, merupakan tombol utama kembali ke halaman homesheet ketika klik ‘homesheet’, dan klik ‘what’s up’ untuk menuju ke halaman what’s up, serta shortcut ke 4 fitur utama (agar bisa menuju fitur tersebut meskipun tidak sedang berada di halaman homesheet)
Fitur utama
[Gambar: fitur-utama-300x80.png]
Ini adalah 4 tombol fitur utama geschool yang merupakan fitur pembelajaran yaitu gebook, getop, getrol dan gebol.
lebih detail tentang gebook
lebih detail tentang getop
lebih detail tentang getrol
Status and Comment
[Gambar: status-300x70.png]
Selanjut tempat status. Tempat status ada di homesheet dan di whatsup. ‘contoh status …’ adalah contoh status. ’3 minutes ago’ adalah jeda waktu dari pembuatan status. ’2 comment’ berarti ada 2 komentar terhadap status tersebut dan apabila ’2 comment’ tersebut di klik akan ditampilkan daftar komentarnya. ‘New Status’, di klik untuk membuat status baru. ‘Study log’ filter untuk melihat postingan report aktivitas belajar di gebook, getop dan getrol. ‘Social log’ filter untuk melihat postingan aktivitas sosial seperti status, komentar dan lain – lain. Status bisa mention sehingga untuk ngewall seseorang tidak harus buka accountnya, cukup dengan menuliskan @(nama account user) di status kita maka akan muncul juga di wall user yang dituju.
Like and dislike
Berbagai postingan, status, aktivitas gebook, getop, getrol, catatan dan sebagainya dapat di ‘like and dislike’.
[Gambar: postingan1-300x165.png]
Dari gambar terlihat postingan status beserta komentarnya. Tombol ‘kepala senyum’ dengan background biru untuk menyatakan suka terhadap postingan dan ‘kepala manyun’ dengan background merah bila tidak suka. Jumlah user yang ‘like’ maupun ‘dislike’ akan tercantum dalam bentuk angka di samping ‘kepala’ dan apabila mouse diarahkan ke icon tersebut akan muncul popup tulisan siapa saja yang ‘like’ atau yang ‘dislike’ akan postingan itu.
Quote
Salah satu fitur menarik lainnya di geschool adalah quote. Klik ‘quote’ untuk mengutip semua postingan sehingga teman – teman user yang mengutip yang bukan teman pembuat postingan awal juga bisa melihat postingan tersebut. Tampilan hasil quote sebagai berikut
[Gambar: tampilan-quote1-300x89.png]
Terlihat pada tampilan hasil quote diberitahu asal quote tersebut, “originally post by …” sehingga yang melihat tetap tahu pembuat awal postingan. Selain itu quote bisa diberi tanda ‘like and dislike’ dan yang menarik juga bisa di comment sebagai mana postingan status biasa. Dan quote ini bisa di quote kembali oleh user lainya dengan tetap memberitahu sumber asalnya, tertulis “originally post by … > … > … > … “ dan seterusnya (titik – titik berisi user – user yang mengquote postingan tersebut). Semoga ini bermanfaat untuk penyebaran informasi secara cepat, luas, mudah dalam menganalisa dan memberi pendapat tentang informasi yang terkait serta tetap jelas sumber asalnya.
Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>