Oleh : Urip Kalteng
Berdasarkan pengalaman mengikuti lomba Acer Guraru Award di awal penyelenggaraan 2010 dulu yang kemudian mendapat keberutungan memenanginya, dan menjadi penilai lomba yang sama di tahun 2011 kemarin, ada beberapa tips yang ingin saya bagi untuk rekan-rekan guru sekalian.

Seperti tips yang saya tulis untuk tahun 2011 lalu, di sini. maka ada beberapa hal yang tentu saja masih sesuai dengan kondisi lomba Acer Guraru 2012 sekarang.

  • Ikuti ketentuan yang dipersyaratkan dalam lomba ini.
  • Terus aktif menulis di blog sendiri, aktif di social media, konsisten menulis untuk berbagi terkait pemanfaatan TI dan aktivitas sebagai guru.
    Bagaimana blog kita itu dapat kita maksimal-kan untuk pembelajaran siswa dan berbagi kepada sesama dengan memanfaatkan teknologi informasi. Jadi bukan sekedar asal ngeblog ala guru.
  • Maksud saya konten yang utama adalah bagaimana blog kita bisa mendukung pembelajaran, sebagai sarana berbagi dengan sesama melalui TI. Jadi fokuskan konten blog pada pemanfaatan TI, berbagi terkait tugas keseharian diri sebagai guru.
  • Tiga hal yang menjadi kunci sehingga blog guru layak masuk nominasi pemenang Acer Guraru Award menurut saya: pemanfaatan TI, pembelajaran, dan berbagi. Konten lain hanya sekedar pendukung.
  • Beda memang fokus lomba Acer Guraru Award ini dengan lomba blog guru lainnya. Di lomba blog guru umumnya harus dilengkapi perangkat pembelajaran dan semua hal yang melekat pada tugas seorang guru, itu semua mesti tampil di blog. Lomba Acer Guraru Award tidak demikian.
  • Fokuskan pada 3 hal tadi, bagaimana kita memanfaatkan TI dalam pembelajaran baik pengalaman atau ide harus lebih kental terasa. Semua itu dituangkan dengan maksud untuk berbagi. Itulah yang saya lakukan ketika mengikuti lomba Acer Guraru Award dua tahun lalu.
  • Blog guru sebisa mungkin punya ciri khas baik dari segi konten dan tampilan, serta fokus bahasannya. Ciri khas tersebut tidak boleh jauh dari rasa dan kekentalan konten tentang memaksimalkan blog untuk berbagi dan pembelajaran dengan menggunakan TI.
  • Mengenai disain (tampilan) blog, itu bukan hal utama dalam penilaian, tetapi kemudahan dalam hal akses informasi isi blog itu yang penting, navigasi untuk jelajah serta informasi lain seperti adanya daftar isi blog dan lain-lain akan membuat penilai merasa nyaman mengamati isi blog.
  • Konsistenlah dalam menulis, terutama dalam 1 tahun terakhir. Point kekonsistenan dapat dilihat dari aktivitas menulis, perbulan punya berapa tulisan dll.
  • Konten tulisan yang lebih fokus dalam pemanfaatan IT untuk pembelajaran akan menjadi point lebih dalam penilaian, meskipun itu bukan segalanya.

Demikian, semoga semakin banyak guru yang aktif berbagi lewat blog šŸ™‚

Salam sukses untuk rekan guru era baru šŸ™‚
sumber: urip.wordpress.com
http://guraru.org/news/2012/09/18/1499/tips_memenangkan_lomba_acer_guraru_award_2012.html