Untuk menghasilkan sebuah tampilan website yang bagus dan menarik perlu dibuat sketsa terlebih dahulu. Sketsa website mempunyai tujuan untuk menghindarkan kesalahan awal saat merancang sebuah website. Rancangan tampilan visual tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam dapat secara manual dengan coretan pena, dapat pula menggunakan fasilitas editor grafis seperti corel draw, photoshop dll.
Untuk memudahkan sebuah pekerjaan yang biasa saya lakukan dalam membuat sebuat website ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu : 1. Sketsa manual di kertas. Tujuan dari pembuatan sketsa menggunakan kertas ini adalah untuk mendesain awal web yang akan kita buat baik tampilan, calon menu (tombol) dan semua navigasi. Setelah semua desain dalam sketsa jadi, langkah selanjutnya adalah membuat desain tersebut dalam bentuk grafis di komputer dapat menggunakan editor grafis seperti Photoshop, Fireworks, Correl Draw, Illustrator, dan lain-lain. Dalam tahap ini proses sketsa menjadi lebih detil, yaitu dengan penentuan warna, grafis, tipografi, dan lain-lain. Hingga pada tahap ini tampilan sketsa tampak seperti hasil akhir. Dengan memanfaatkan editor grafis kita dapat mempunyai file-file yang berbeda-beda dengan panduan dari sketsa kertas yang kita buat, baik dari segi disain tombol, baground, pewarnaan, ukuran teks dll.
Setelah mendapatkan gambaran desain yang sesuai dengan yang Anda inginkan, mulailah membuatnya dalam Editor HTML yang biasa Anda pergunakan dengan membuat layout tabel secara umum. Kemudian pindahkan bagian-bagian dari sketsa digital yang dianggap perlu, seperti icon atau grafis. Editor HTML yang dapat digunakan untuk mewujudkan dalam bentuk web antara lain :frontpage, dreamweaver, atau artisteer.
Pembuatan web site yang baik dan indah memerlukan sebuah semangat yang besar. Selamat mencoba try and error. sukses selalu buat kita semua.