Selasa, 25 September 2018. Senang rasanya bisa mengikuti kegiatan bimtek kali ini. pada materi di hari kedua ini seharian aku bersama dengan teman-teman di kelas A SMP bertempat di ruang alua Gumilang regency Hotel. Materi dihari kedua ini disampaikan oleh dua orang fasilitator dari P4TK IPA yaitu bapak Rubi Suwarga dan bapak Dani Suhadi.

Matari hari ke – 2

Rubi Suarga (PTP) = widyaiswara fungsional tertentu di UPTK Kemdidbud (bagian jaringan dan website)

Pak Dani Suhardi (PTP)

 

Di seksi data dan Informasi ( bagian data)

Rubi Suarga ( rubi.suarga@kemdikbud.go.id)

Robusuwarga79@gmail.com

081322059379

Materi hari ini judul : Ketrampilan abad 21 disampaiakan oleh Rubi Suarga dari P4TK IPA Kemdikbud

Model pembelajaran abad ke-21 sering disebut dengan perkembangan digital learning sebagai trend yang berdampak pada perkembangan kurikulum kita. Dimana pentingnya abad 21 menjadi suatu ciri tantangan pendidikan abad 21: seperti global dengan lokal, universal dengan individu, tradisi dengan kemoderan, pertumbuhan jangka panjang dan jangka pendek, perlunya kompetensi dengan kesempatan, pengetahuan yang berlimpah ruah dengan kemampuan mausia menyikapinya, spiritual dengan material merupakan suatu tantangan yang perlu disikapi dengan ketrampilan abad 21. Sehingga perlu adanya implikasi dan tantangan pendidikan abad 21 memunculkan perkembangan kurikulum 2013.

Pentingnya untuk membekali generasi emas 20145 yaitu untuk menumbuhkan kualitas karakter,  memiliki literasi dasar dan mempunyai kompetensi sehingga dapat menjadi tulang punggung keberhasilan indonesi ke depan.

Menajadi leterat di abad 21 memerlukan kemampuan literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, budaya dan kewarganegaraan.

Literasi ini akan mambantu siswa kita untuk bisa mempunyai kompetensi yang dapat digunakan mencari kerja, bijak kreatif, dan bisa berinteraksi di lingkungan sosialnya.

 

Ada literasi baru fase 1.

Literasi tradisional

Literasi informasi

Visual literasi (kemampuan untuk memahami dan menghasilkan pesan visual)

Literasi kritik

Literasi media

Literasi tool

Literasi digital

4 Hal yang dibutuhkan dalam keterampilan abad 21 yaitu pengetahuan ekonomi, jaringan, global team, dan innovation driven.

Kreativitas

  • Mengajarkan pada anak-anak untuk memiliki dan menggali gagasan/ kreativitas anak, kemudian, menuntut melakukan elaborasi, dan berani m engambil resiko serta penyempurnaan

Kommunikasi

Memahami, mengelola dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia. ( mberitahu, menginstruksikan, dll)

 

Collaboration

Mambu bekerja sama dalam kelompok, beradaptasi  dalam berbagai peran dan tanggungjawab, menempatkan empati pada tempatnya, menghormati perspektif berbeda ( saling menghormati, membangun kesepakatan, kompromi, dan tanggung jawab bersama)

Paradigma pembelajaran abad 21. Dll.

Materi ke 2

PKB

  • Pengembangan kompetensi guru

Tujuannya ada 5 L

 

 

Materi ke 2 oleh bapak

 

Kata kunci

  1. Google account
  2. Layanan google
  3. Komunitas
  4. Blog
  5. Deskripsi singkat
  6. Piramida terbalik
  7. Distuption
  8. Literasi

 

Pengertian Komunitas

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisasi yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

 

Apa itu Blog

Kenapa harus “guru Go Blog”?

Untuk menjadi guru yang nge-Blog harus terus memantaskan diri menjadi yang terbaik. Blog bisa dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Melalui blog guru dapat dengan mudah menyampaikan berbagai materi pembelajaran dan informasi apa pun secara lebih luas dan bisa diakses oleh siapa pun tanpa batas ruang dan waktu.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang sering disebut dengan istilah posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahullul sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamnya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Jenis=jenis blog

Blog politik, pribadi, blog agama, blog pendidikan, blog ekonomi, dll.

 

Tips menuliskan deskripsi dan tag

Karena komunikasi itu diharapkan dua arah ada pesan, alat dan media,

Kommunikasi efektif dua arah

Deskripsi suatu judul pada youtube

  1. Apa isi video sehingga bisa menarik penonton untuk tertarik melihat video kita. (digunakan untuk memberikan isi pada penonton apa yang akan mereka lihat / mereka saksikan

Unduh materi di gg.gg/bimtekmgmpp4tkipa

Membuat blog di

mgmp.p4tkipa.net

untuk login tinggal klik login…..

 

 

 

 

Alamat yang diisi dengan menggunakan youtube

Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar – IPA Kelas 8 H