Oleh. Dr. Muh. Haitan Rachman

Sekarang ini kita menghadapi perubahan besar dalam media, dan boleh dikatakan sebagai revolusi media. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi mobile dan internet yang sangat pesat sekarang ini. Penyebaran video, audio/suara, teks, gambar, animasi begitu sangat besar dan luas sekarang ini secara global. Ini yang menjadikan banyak peluang bagi semua orang di mana posisinya untuk dapat membangun konten-konten berbasis video, audio/suara, teks, gambar dan animasi.

Sehingga tidak ada pepatah bahwa desa dan kampung yang jauh tidak dapat menyebarkan konten-kontennya melalui jaringan internet dan mobile sekarang ini. Membuat Video sekarang tidak perlu kita menggunakan alat-alat yang mahal-mahal, dan kita bisa menggunakan handphone yang kita miliki. Dan kita tidak harus mempunyai server video internet yang sangat mahal, kita cukup menggunakan server youtube untuk menyebarkannya.

Dan kita sendiri bisa melihat jutaan dan mungkin miliar konten video yang sudah tersebar di youtube, bahkan kita dapat mencari pengetahuan-pengetahuan yang disebarluaskan di youtube itu. Tentunya karena youtube merupakan jaringan bebas, kita juga perlu berhati-hati dengan hal-hal yang kurang tepat. Tetapi setidaknya kita mendapatkan revolusi media yang kita pergunakan dengan biaya yang sangat murah.

Smart Apps Creator (SAC) merupakan tool yang sangat powerful untuk mengembangkan mobile apps multimedia interaktif, apakah untuk pendidikan dan pelatihan, apakah untuk travel and tour, apakah untuk profil kota, apakah untuk katalog produk, ataupun untuk event-event yang sedang disiapkan.

Kami mengembangkan kemitraan itu tentunya ada sebuah harapan yaitu dapatnya terbangun komunitas para pengembang SAC di daerah-daerah seluruh Indonesia, tidak hanya untuk membuat SAC untuk bahan ajar, tetapi untuk konten-konten yang melimpah dan sangat beragam di masing-masing daerah.

Konten bahan ajar saja sangat banyak apalagi kalau ditambah dengan konten-konten asli daerah masing-masing. Dan konten-konten ini nantinya bisa memberikan peluang-peluang baru kembali, apakah sebagai trainer, atau sebagai penyedia solusi, atau bahkan dijual aplikasi yang dibuat itu.

Google melalui youtube telah bisa mencetak-mencetak youtuber-youtuber di Indonesia, saingannya tiktok sekarang. Tetapi masih sangat sedikit yang mengembangkan mobile apps multimedia interaktif dari Indonesia, karena memang aplikasi mobile apps ini memerlukan cara berpikir sistematis dan harus jelas kontennya.

Itulah kami membangun kemitraan2 SAC di Indonesia untuk bersama-sama membangun peluang bersama, tidak hanya perihal lisensi SAC, tetapi mengembangkan komunitas SAC, bahkan sampai bisa membentuk learning center, agar pengembangan-pengembangan lainnya dapat dikembangkan dengan baik, sehingga bisa lebih dapat mengembangkan SDM kita lebih baik.

Kami akan menyiapkan situs apps yaitu apps.creativedu.id khusus untuk apps sekolah dan pelajaran, dan apps.inosi.co.id khusus seperti profil kota, wisata, kuliner, kopi, dsb. Hal ini sengaja dibedakan untuk memudahkan dan berbagi sesuai bidangnya.

(Sigit)