Oleh Ali Lababa

Guru Penggerak merupakan pimpinan pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan menjadi pelatih/ mentor bagi guru lainnya untuk pembelajaran yang berpusat pada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan.

Visi guru penggerak mewujudkan capaian merdeka belajar yaitu profile pelajar pancasila. “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku profil pelajarpancasila. Pendidikan guru penggerak dilakukan dengan pendekatan andragogi dan berbasis pengalaman. (Rekrutnen calon guru penggerak, pendidikan calon guru penggerak, generasi baru pemimpin pendidikan, intruktur pelatihan guru).

“Ki Hajar Dewantara “Program guru bergerak bercita-cita menghidupkan kembali pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara di Kelas.”

Tugas ku

mengolah lahan

memilih bibit

menanamnya

merawatnya

CGP Reguler belajar secara online, belajar mandiri, dan belajar mandiri terbimbing, untuk menyelesaikan 10 modul melalui kolaboratif, diskusi, refleksi, elaborasi bersama fasilitator dan instruktur, dan berkolaborasi dengan teman guru lainnya. CGP belajar di tempat kerja dan lokakarya bersama guru lainnya yang didampingi pengajar praktik. Melakukan aksi nyata dari pembelajaran yang diberikan di kelas atau di sekolah. Setelah selesai belajar dan mengerjakan tugas-tugasnya, peserta CGP reguler yang memenuhi syarat kelulusan akan mendapatkan sertifikat guru penggerak.