Selasa, 21 Februari 2021 dilaksanakan kegiatan Penguatan Calon Guru Penggerak Kabupaten Gunungkidul yang bertempat di SMP N 4 Wonosari, akan berlangsung dari tanggal 21 – 24 Februari 2023. Kegiatan di buka oleh ibu Kasi Bidang  ketenagaan SMP Kabupaten Gunungkidul ibu Melia, S.Pd.Si. Program CGP bisa meningaktan kompetensi guru mensukseskan program Guru Penggerak ini dinas kabupaten melaksanakan sosialisi dan kampanye untuk CGP. Selain itu Dinas Pendidikan terlibat langsung dalam kegiatan panitia daerah dalam lokakarya.

Diundang dalam kegiatan ini dalam waktu 4 hari ini adalah penguatan untuk CGP yang bertujuan agar bapak ibu guru bisa berperan langsung dalam program guru penggerak dan mendapat kesempatan untuk memberikan pengimbasan bagi bapak ibu guru yang lain yang belum mendapatkan penguatan. Untuk jumlah peserta yang dilibatkan untuk SMP 150 orang yang terdiri dari 100 orang guru di angkatan pertama dan 50 orang untuk angkatan kedua.

Yang dilibatkan dalam kegiatan penguatan ini adalah dari BBGP DIY yang mandegani PGP DIY. Yang diharapkan dari peserta bisa menggali apapun tentang PGP agar informasi yang selama ini sampai bisa untuk lebih menguatkan. Keuntungan dari guru penggerak salah satunya adalah Sertifikat Guru Penggerak yang salah satunya bisa menjadi KS, selain itu bisa menjadi Intruktur atau narasumber berbagai kegiatan praktik baik.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah SMP 4 Wonosari Totok Sudarujian, M.Pd mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan pentingnya kegiatan ini yaitu untuk membentuk generasi-generasi penggerak sesuai dengan dinamika perubahan pendidikan saat ini yang terus berkembang.