Kamis, 26 September 2019 dilaksanakan sosialisasi dan workshop Rumah Belajar di SMPN 2 Yogyakarta. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sepatah kata dari Bapak Kepala Sekolah Bapak Umar  dalam kesempatan ini acara pembukaan disampaikan beliau menyampaikan pentingnya pelaksanaan bimtek ini untuk meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 2 Yogyakarta terutama berkaitan dengan semakin pesatnya Dunia IT yang merambah dalam segala aspek kehidupan saat ini. Oleh karena itu sekolah sebagai salah satu tempat untuk mendidik dan membina murid agar dapat mendekatkan dunia nyata dengan kehidupan siswa di sekolah saat ini sudah sangat urgen menampilkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan ini sangat penting sebagai triger pemicu agar para guru mau dan mampu untuk belajar dan memanfaatkan teknologi informasi dalam proses kegaitan pembelajaran.

Workhop ini diikuti oleh 30 guru SMP Negeri 2 Yogyakarta dengan nara sumber Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd. Dengan materi Implementasi Literasi TIK, Pengenalan Rumah Belajar, Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.o. Selama kurang lebih 2 jam kegiatan berlangsung, bapak ibu guru SMP Negeri 2 Yogyakarta mengistal Aplikasi Rumah Belajar melalui Play Store, kemudia mencoba memanfaatkan semua fitur yang ada serta di bimbing untuk mecoba memanfaatkan fitur sumber belajar, bank soal, pkb, serta yang lainnnya. Selain itu juga di lakukan diskusi dan tanya jawab seputar tips dan trik pemanfaatan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Diakhir pelatihan dilakuan kuis Kahoot oleh bapak didik selaku koordinator lab komputer sebagai panitia sekaligus fasilitator dalam kegiatan pelatihan ini. Semoga apa yang dilakukan dalam kegiatan ini bisa sebagai pelecut dan pemicu bagi guru di SMP Negeri 2 Yogyakarta untuk mau menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran maupun untuk proses penilaian sehingga bisa menjadikan sekolah yang siap menghadapi perubahan jaman di era industri 4.0.